Senin, 17 November 2014

PT SARI AYU INDONESIA

www.studentsite.gunadarma.ac.id

 PT SARI AYU INDONESIA





Nah, saya akan menjelaskan Berdirinya PT Sari Ayu Indonesia…….

PT Sari Ayu Indonesia Jakarta berdiri sebagai realisasi dari keinginan besar DR. Martha Tilaar sebagai pendiri perusahaan. Ibu Martha Tilaar memulai usahanya dengan membuka salon kecantikan kecil di rumah orang tuanya di Jakarta pada tahun 1972. Usaha membuat dan memasarkan jamu-jamuan komersial sudah dimulai memalui salon kecil ini. Tahun 1976, usaha salon Ibu Martha Tilaar mulai berkembang ditandai dengan dibukanya salon kecantikan yang kedua. Beberapa tahun kemudian, usaha salon kecantikan tersebut telah berkembang pesat .
Pada tahun 1977, Ibu Martha Tilaar mulai memproduksi jamu-jamuan komersial berskala home industri yang diberi merek dagang Sari Ayu Martha Tilaar. Tahun 1981, home industri ini telah memproduksi 46 item produk. Home industri ini menghadapi permintaan produk yang melebihi kapasitas, sehingga sebuah industri modern yang menghasilkan produk dalam skala besar mulai diperlukan. Maka pada tahun 1981 itu juga, usaha home industri Ibu Martha Tilaar ini dikukuhkan dengan
berdirinya PT  Martina Berto yang menempati pabrik 1  unit seluas 4200  M2  di

kawasan industri Pulogadung Jakarta yang diresmikan oleh Ibu Nelly Adam Malik istri Wakil Presiden RI pada waktu itu.
Pada tahun 1983, Sariayu sudah menjadi kosmetik yang sangat terkenal di tanah air. Untuk itu, peningkatan distribusi harus tetap dilakukan. Pada tahun itulah




didirikan PT Sari Ayu Indonesia sebagai distributor kosmetik Martha Tilaar Group ke seluruh Indonesia. Pada tahun 1997 PT Sariayu Indonesia mendapat ISO 9002.
Alamat PT Sari Ayu pusat adalah : JL. Rawa Bali II. No 5.
Kawasan Industri Pulogadung

Jakarta – 13920

Telepon : 021 - 4600045


Filosofi Dasar Perusahaan

Filosofi dasar yang dimiliki PT Sari Ayu Indonesia adalah:

    Menjadi produktif dan berpandangan kedepan untuk mencapai hasil yang tertinggi.
    Membuat kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama.

    Untuk   mempromosikan   kerjasama   antar   departemen   ditengah   pusat pelayanan



      Visi dan Misi PT Sari Ayu Indonesia

Adapun Visi PT Sari Ayu Indonesia adalah:

    Menjadi  perusahaan  distribusi  yang  paling  terkemuka  di  Asia,  aliansi strategis, keamanan dalam memasok barang, dan mengantarkan pelayanan yang paling baik ke pelanggan




Sedangkan misi PT Sari Ayu Indonesia adalah :

    Membantu     pelanggan     mendistribusikan     barang-barang     mereka     jika diperlukan
    Mengembangkan distribusi yang luas melalui aliansi strategis

    Menyediakan sebuah lingkungan kerja yang akan membantu para karyawan untuk mengembangkan karir, kesejahteraan, dan idealisme mereka.



Akan tetapi visi dan misi yang penulis paparkan diatas sedang mengalami restrukturisasi untuk menjadi lebih baik lagi.



Struktur Perusahaan dan Struktur Organisasi

Struktur perusahaan dari  Martha Tilaar Group  meliputi empat kelompok besar yakni Unit Usaha Pemasaran, Unit Usaha Distribusi dan Perdagangan, dan Unit Usaha Layanan. Masing-masing unit menaungi beberapa perusahaan seperti yang terlihat pada gambar 3.1.
Sedangkan PT Sari Ayu Indonesia secara struktural dipimpin secara keseluruhan oleh seorang Direktur,dan oleh kepala manajer cabang di setiap cabang.PT Sari Ayu Indonesia memiliki 5 divisi utama yaitu :
    Divisi Keuangan dan Akuntansi

    Divisi Pemrosesan Data Elektronik

    Divisi Logistik dan Distribusi

    Divisi Penjualan

    Divisi Sumber Daya Manusia dan Masalah Umum




Masing-masing divisi utama tersebut dipimpin oleh seorang Supervisor, yang membawahi bagian-bagian tertentu tertentu disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Namun untuk struktur organisasi perusahaan masih relatif sering mengalami perubahan. Struktur organisasi perusahaan sampai periode 26 Desember 2005 ditunjukkan dalam gambar 3.3.


Sumber : Company Profile PT Sari Ayu Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar